Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 16 Juni 2012

Ayam Hutan - Hijau ( Gallus varius )

Ayam hutan hijau adalah nama sejenis burung yang termasuk kelompok unggas dari suku Phasianidae, yakni keluarga ayam, puyuh, merak, dan sempidan. Ayam hutan diyakini sebagai nenek moyang sebagian ayam peliharaan yang ada di Nusantara. Ayam ini disebut dengan berbagai nama di berbagai tempat, seperti canghegar atau cangehgar (Sd.), ayam alas ( Jw.), ajem allas atau tarattah (Md.).
Memiliki nama ilmiah Gallus varius (Shaw, 1798), ayam ini dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Green JunglefowlJavan JunglefowlForktail, atauGreen Javanese Junglefowl, merujuk pada warna dan asal tempatnya.Burung yang berukuran besar, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 60 cm pada ayam jantan, dan 42 cm pada yang betina.



Jengger pada ayam jantan tidak bergerigi, melainkan membulat tepinya; merah, dengan warna kebiruan di tengahnya. Bulu-bulu pada leher, tengkuk dan mantel hijau berkilau dengan tepian (margin) kehitaman, nampak seperti sisik ikan. Penutup pinggul berupa bulu-bulu panjang meruncing kuning keemasan dengan tengah berwarna hitam. Sisi bawah tubuh hitam, dan ekor hitam berkilau kehijauan. Ayam betina lebih kecil, kuning kecoklatan, dengan garis-garis dan bintik hitam.Iris merah, paruh abu-abu keputihan, dan kaki kekuningan atau agak kemerahan.

1 komentar:

  1. Saya Handoko di Gresik.
    Sedang mencari ayam hutan hijau untuk difoto sebagai materi kalender.
    Apakah bisa saya memotret ayam Anda? atau barangkali anda punya file fotonya (ukuran besar) apa boleh saya beli?
    Saya tunggu respon secepatnya.
    handoko 0313985543 atau email : salamdaridesa@ymail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...