Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 20 Maret 2012

Tujuan Pemasangan RIng Kenari


Penangkar Kenari maupun penangkar burung lainnya biasanyamemberikan identifikasi tangkarannya berbentuk ring/cincin. Identifikasi berupa ring/cincin ini dipasangkan dikaki burung beberapa hari setelah menetas  pada kaki kiri atau kanan ataupun kedua kaki anakan burung kenari.  Lazimnya ring/cicin kenari berbentuk bulat berdiameter simetris dengan kaki burung jika dewasa, tidak dapat copot/lepas, ringan dan tidak mengganggu aktifitas burung. ring/cincin dibuat  berwarna-warni dan bertuliskan identitas seperti ; code identitas penangkar, nomor produksi, tahun kelahiran, grub atau kelompok.

Secara Yuridis formal  di Indonesia, penggunaan ring/cincin  belum ada ketentuan dan standar yang baku.  Jadi sah-sah saja  bila penangkar membuat warna-warni ciri identitas apa yang akan dipakai pada hasil tangkaranya, ring/cincin yang di pasangakan pada hasil tangkaranya menjadi populer  apabila hasil tangkaranya dalam loba menjadi Juara.     Tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita ikut andil dalam melestarikan alam dari kepunahan kicau merdu burung liar dikawasan bumi pertiwi ini, sebagai akibat ekses eksploitasi brutal dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab terhadap burung-burung dihabitatnya. Akan lebih bijak apabila dalam setiap perlombaan burung  diwajibkan memakai ring/cincin sebagai wujud sumbangsi penghobi burung Indonesia  ikut berperan aktif menjaga kelestarian alam.

Tujuan memasangan Ring atau Cincin  pada burung kenari :

  1. Ring  dipasangakan pada hasil tangkaran bertujuan  sebagi sertifikat keasliaan  hasil penangkaran dari jenis atau crossing tertentu.
  2. Ring merupakan prestise dari penangkar.
  3. Ring  merupakan,  peran aktif  penangkar / penghobi dalam ikut serta melestarikan burung dari kepunahan.
Bahan Ring atau cincin   terbuat dari aluminium yang ringan, tetapi sekarang dijumpai pula  selain menggunakan aluminium juga menggunakan plastik (berbahan sejenis karet). Di Indonesia sudah banyak pembuat ring/cincin untuk unggas yang tidak kalah baiknya kualitasnya dengan produk impor. Kami biasa pesan Ring untuk kenari pd Bpk Tiong Hok yang beralamat ; Jl.Jelambar Raya IV  No.25 Jakarta Barat  tlp  (021 – 56962067 atau 5677053).

Pada pripsipnya Identifikasi  Ring atau Cincin secara umum memuat  ;

Contoh Ring Canary
  1. Nama bird farm atau pemilik bird farm.
  2. Nama atau code identitas penangkar ada yang langsung digabungkan di satu ring, tetapi ada pula dipisahkan secara tersendiri di kaki sebelahnya.
  3. Nomor urut produksi kenari.  Nomor urut ini berupa code produksi, nomor kandang dan diurutkan menjadi satu, akan tetapi ada juga yang membedakan nomor kandang denga ring yang berbeda warna.
  4. Memuat nama Grub, kelompok atau organisasi.
Code pada Ring  Kenari.
Ada beberapa jenis peng-code-an yang umum pada Ring atau cincin Kenari,  yaitu :
1.         Sistem Ring Tunggal pada satu kaki kenari, umumnya bertertuliskan  ;
  • Code identitas Penangkar dan nomor urut produksi.
  • Code identitas penangkar, nomor produksi, tahun kelahiran grub atau kelompok.
2.         Sistem Ring Dobel/Ganda pada dua kaki kenari, umumnya bertuliskan  ;  Code identitas penangkar, nomor produksi dan tahun kelahiran. Sedang pada kaki yang lain lazimnya memuat grub atau kelompok.
Tetapi beda halnya dengan kenari impor biasanya dobel ring/cicin di salah satu kaki merupakan sertifikasi kelayakan untuk impor dan biasanya dapat ring sertifikasi ini dapat dilepas / dicopot.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...