Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 24 Maret 2012

Mengobati Serak Muray Batu


Gudang Burung - Tak beda dengan burung lainnya , muray batu juga bisa mengalami sakit seperti burung yang lainnya . Disini saya akan menyebutkan macam penyakit pada muray batu dan cara mengatasinya . Ayo kita lihat bersama . 





*Cara mengatasi suara serak dapat dengan memberinya larutan penyegar dalam air minumnya. Tetapi hati-hati, jangan terlalu sering karena sifat pelarut lendir pada larutan penyegar bisa menggerus semua lendir dan justru menambah serak burung.

*Meneteskan air dari perasan daun lateng putih dengan cara meneteskannya pada mata MB tersebut, diusahakan airnya jangan mengenai/masuk dalalm hidung MBnya. Meneteskannya sambil MB nya ditunggingkan beberapa saat sampai lendir yang keluar dari mulut MB itu sampai habis. Ini juga berfungsi untuk menggurah MB anda agar suaranya tidak serak dan kembali menggelegar.


Perhatian: Pemberian air lateng putih hanya dilakukan untuk burung yang serak karena ada kotoran di dalam tenggorokan. Kalau burung serak karena infeksi, justru cara di atas akan memperparah kondisi serak. (lihat referensi lengkapnya di omkicau.com)

*Memberi minum air rebusan sirih kedalam air minumnya dan juga berfungsi sebagai antibiotik terhadap MB Anda.


Perhatian: Sama dengan pemberian larutan penyegar, penggunaan daun sirih yang terlalu sering justru akan memperparah kondisi serak karena fungsi utamanya untuk menghilangkan lendir.




*Yang paling mudah adalah memberikan obat serak yang banyak dijual  bebas di kios kesayangan Anda. Tetapi pastikan memang benar-benar obat antiinfeksi di saluran pernafasan atas dan sekaligus bisa menghilangkan lendir. Contoh dalam hal ini Anda bisa menggunakan BirdTwitter. Gunakan sesuai aturan pakai atau konsultasikan dengan peracik produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...