Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 06 Maret 2012

Biji-Bijian Kenari

Gudang Burung - Berikut adalh jenis biji-bijian yang sekiranya cocok untuk pakan kenari anda . Pengen tahu apa saja jenis biji-bijiannya ? So , ayo kita lihat apa saja . 

KENARI SEED (Kanarium Memmum)
atau biji kenari, besarnya kurang lebih sebesar beras, bentuknya gepeng dan ujung-ujungnya agak runcing. Kulitnya licin dan keras tetapi mudah sekali terlepas. Yang berkualitas baik yaitu yang tua, kering bersih dan tidak berbau dan berwarna kuning muda mengkilat, yang lunak dan berwarna putih adalah biji yang masih muda dan tidak baik untuk burung. Rasanya enak dan gurih karena itu burung kenari sangat menggemarinya. Kandungannya adalah : 14,4% protein, 6,4% lemak dan 55,3% hidrat arang. Selain rasanya enak khasiatnya juga besar, kulitnya mudah dikupas dan mudah dicerna, dapat menyegarkan tubuh, menambah spirit burung yg lemah dan memperbaiki suara (terutama untuk burung yg bersuara serak dan malas). Terlalu banyak memakan Kenari Seed dapat menyebabkan dapat menyebabkan kegemukan.




MILLET (Gierst / Panicum Miliaceum) :
Warnanya ada yang putih dan coklat. Kandungannya adalah protein 11,3% lemak 4,2% dan hidrat arang 60,5%. Baik untuk menggemukan burung yang kurus dan kurang sehat.




JEWAWUT (Panikum Viride)
 kunyit atau Otek. Khasiatnya tidak diragukan lagi karena zat yang terkandung didalamnya hampir sama dengan beras dan jagung. Bahkan dapat pula dikatakan sebagai "Havernya Indonesia" Kandungannya adalah 9,8% protein, 75% hidrat arang dan cukup banyak mengandung zat kapur yang sangat dibutuhkan burung terutama pada saat bertelur. Sangat baik untuk memperkuat tubuh. Kulitnya sangat keras, maka kenari muda akan kesulitan untuk memakannya (bisa diberikan dengan cara ditumbuk untuk melepas kulitnya) tetapi untuk kenari dewasa, kulit keras diperlukan untuk menumpulkan ujung-ujung paruhnya yang terlalu runcing.




BIJI SELADA (Lactuca Sativa)
biji ini adalah biji dari pohon selada. Warnanya hitam, bentuknya kecil gepeng agak memanjang. Biji ini dapat memmengaruhi warna bulu menjadi kehijauan, karena itu baik untuk kenari yang berbulu hijau.




BIJI SAWI (Brassica Rugosa)
yaitu biji dari pohon sawi. Warnanya hitam, bentuknya bundar sebesar biji jewawut, kulitnya tipis dan agak sulit dikupas. rasanya agak pahit. khasiatnya baik untuk Kenari karena banyak mengandung Vit A 




BIJI LOBAK (Raphanus Satipas)
yaitu biji dari pohon lobak, warnanya merah coklat, kulitnya tipis dan mudah dikupas. Rasanya pahit pedas dan mengandung banyak minyak. Burung kenari sangat menggemarinya. Baik sekali untuk kenari yagn sedang meloloh anak dan sebagai makanan kenari muda, karena mudah dicerna. 




LINSEED / lijnsaad (Linim Usitatissimum)
kandungannya adalah 21,9% protein, 34,6% lemak dan 24,6% hidrat arang. Suka diberikan sewaktu-waktu saja terutama dimusim hujan atau dimana udara sangat dingin 



HAVER (Avena Sativa)
yaitu tumbuhan semacam jewawut. Kareana kulitnya keras baik untuk menumpulkan ujung paruh yang terlalu runcing, apabil ditumbuk akan mudah dicerna oleh kenari dan merupakan obat sakit perut / baik untuk pencernaan. Kandungannya adalah 11,3% proyein, 5,6% lemak dan 56,9% hidrat arang .

 ====================================
UPDATE BERITA:  
Artikel ini sudah diupdate berdasar pengertian yang mendalam para penghobi burung atas biji fumayin. Ternyata kita harus menyetop penggunaan fumayin, sebab berisiko berurusan dengan pihak berwajib. Kalau Anda pembeli, siapa tahu yang menjual adalah aparat yang menyamar, sedangkan kalau Anda penjual, siapa tahu juga yang beli adalah aparat hukum. Mengenai duduk perkaranya mohon dibaca artikel: PERHATIAN: FUMAYIN TERMASUK NARKOTIKA, DILARANG DIPERJUAL-BELIKAN 
Yang jelas berdasar UU Narkotika, semua tanaman genus Canabis termasuk Canabis sativa L (fumayin) termasuk narkotika golongan 1. Tidak ada pengecualian apakah biji fumayin sudah diproses atau belum karena semua bagian tumbuhan Canabis sativa L dan semua turunannya masuk dalam Narkotika golongan 1.
Jadilah penghobi yang aman, nyaman dan sejahtera, tanpa berisiko masuk bui.... ====================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...