Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 23 Februari 2012

Merawat Cucak Ijo Agar Stabil

Burung yang sudah pulih atau sudah turun birahinya perlu dijaga agar mau nampil dengan stabil. Ada sejumlah resep agar kondisi dan penampilan burung menjadi stabil, salah satunya cara mudah dan merupakan resep lama adalah dengan memberikan pisang yang diolesi madu. Salah satu resep supaya burung mau nampil stabil selain kondisi yang prima adalah stamina yang cukup. Bila loyo, sudah pasti di tengah pertarungan si burung bisa ngedrop, entah itu didis, terengah-engah atau hanya diam saja.

Pemberian buah-buahan, juga kebiasaan memasukkan ke kandang umbaran, dianggap sebagai training agar staminanya menjadi lebih kuat. Perlukah ditambah dengan asupan suplemen ? Tentu saja tergantung kondisi si burung. Namun, namun bila kita pingin menambahnya, sekarang dipasaran sudah beredar banyak sekali suplemen, baik itu berupa multivitamin, ataupun suplemen yang bisa membuat burung lebih gacor.

Agar burung punya stamina, kita harus memastikan bahwa si burung mampu menyerap zat-zat makanan yang ada pada pakan dan extra fooding yang diberikan. penyerapan nutrisi atau metabolisme yang terganggu pun secara umum akan membuat kinerja burung menjadi kurang maksimal. Perlakuan dua problem di atas jelas berbeda. Kita bisa mencoba menggunakan probiotik khusus burung, bila kita berasumsi siapa tahu selama ini proses metabolisme burung memang tidak sempurna.

Beberapa akibat dari metabolisme yang kurang sempurna misalnya, bulu tampak kusam dan kusut tapi yak mau ambrol (ngurak), atau ambrol tapi tak pernah mau tuntas (nyulam), atau sudah ambrol tapi waktu pemulihan terlalu lama. Sementara itu, bila burung terlihat kondisi, tapi ketika dilombakan sekali oke, ke dua kok tampak mulai menurun, kita boleh mencoba memberikan suplemen. Namun apapun suplemennya, tetap saja kita tidak boleh berlebihan dalam mengeploitasi burung. Jangan mentang-mentang sudah tahu rahasia “ membuat burung “ tidak punya lelah lantas terus diadu tiap minggu dan dalam satu hari diturunkan berkali-kali. Ingat, burung adalah makhluk hidup juga yang butuh istirahat, butuh perhatian dan kasih sayang. Kecualikita ingin si burung mau rusak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...