Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Jumat, 24 Februari 2012

Mengobati Parkit Mencret

Jenis penyakit ini sangat populer dan sering menyerang peternakan parkit. Penyakit mencret ini disebabkan karena keadaan kandang yang terlalu kotor/lembab atau makanan yang kwalitasnya jelek dan tempat minum yang kotor. Karena keadaan ini maka bakteri pun mudah termakan oleh burung parkit sehingga pencernaan parkit ini terganggu.

Dalam penyembuhan penyakit ini perlu ketlatenan karena biasanya burung yang terkena mencret sembuhnya lama bahkan terkadang burung bisa mati. Burung yang mencret sebaiknya ditangkap dan dipisahkan dari sangkar agar tidak menular ke burung yang lain. Sendirikan burung dalam sangkar kecil, kering, bersih dan hangat kemudian beri pil norit 1/4 bagian. Pada air minumnya dicampuri obat mencret yang biasa diberikan untuk unggas. Berikanlah pucuk daun nangka atau jambu obat ini merupakan resep tradisional yang cukup mujarap.


Sebaiknya sebelum terlambat, Anda bisa memberikan obat mencret khusus burung kicauan dan merpati (juga derkuku dan perkutut) yakni BirdBlown.

Untuk parkit yang belum terkena mencret usahakan mengurangi makanan tambahan terutama sayuran dan jagung muda. Bersihkan kandang dan tempat pakan/minum dengan rutin. Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. gan.. parkit saya kotorannya menempel di anu*(tetapi tidak mencret), bulu di sekitar anus juga rontok, geraknya juga kurang lincah seperti yg lain.
    kandang dan makanan terjamin kebersihan nya.
    kira-kira sakit apa dan obatnya apa ??

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...