Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 09 Februari 2012

Bayan Raja Australia ( Alisterus scapularis )

 
Bayan Raja Australia (Alisterus scapularis) adalah hewan endemik dari Australia bagian timur. Mereka dapat dijumpai di daerah dataran tinggi berhutan lebat dan lembap di bagian timur benua, termasuk area hutan ekaliptus yang secara langsung berseberangan dengan termperatur hutan hujan dan subtropis.

Pejantan dewasa (4 tahun) memiliki penampilan mecolok dengan kepala, dada, dan sebagian tubuh berwarna merah, punggung berwarna biru, dan ekor serta sayap berwarna hijau. Mereka memiliki bagian atas paruh berwarnya oranye kemerahan dengan ujung hitam dan warna hitam di bawah paruh, serta lingkaran mata berwarna kuning. Selain itu, pejantan muda sering terlihat dengan ukuran medium. Betina memiliki penampilan serupa kecuali di bagian kepala dan dadanya yang berwarna kuning, paruh bagian atas berwarna hitam, dan lingkaran mata berwarna kuning pucat. Jambul dari kedua jenis kelamin serupa pada betinanya.



Hewan dewasa dari kedua jenis kelamin merupakan burung yang sangat istimewa, dengan umumnya memiliki panjang 42 cm termasuk ekor . Terdapat satu subspesies, A.s. minor, yang ditemukan terbatas di wilayah utara zona persebarannya, dan memiliki ciri-ciri tubuh dengan ukuran sekitar 5 cm lebih pendek dari spesiesnya namun masih serupa dalam hal penampilan.

Mereka menempati wilayah dari Queensland Utara dan Tengah hingga Victoria bagian selatan. Mereka seringkali tampak sebagai kelompok kecil dengan berbagai jenis spesies Rosella. Lebih lanjut dari habitatnya di dataran tinggi di wilayah timur, mereka juga ditemukan di Canberra (ibukota nasional Australia) selama musim dingin, di luar bagian barat tepi kota Sydney, dan di Carnarvon Gorge di Queensland Tengah.


Di wilayah asli mereka Australia, mereka dikembangbiakkan dalam sangkar dan digunakan sebagai hewan peliharaan, namun tidak diketahui di luar wilayah Australia. Sebagai hewan peliharaan, mereka memiliki kemampuan "berbicara" yang terbatas dan normalnya tidak suka diganggu, serta sering merebut barang-barang yang dibawa seseorang dan juga kadang dapat menjadi sangat penurut.

Lama harapan hadup di alam liar tidak begitu diketahui, namun sebagian hewan peliharaan yang diketahui dapat mencapai usia hingga 25 tahun. Walau begitu, sebagian Bayan Raja diketahui dapat menjadi penyabab penyakit paru-paru jika ditempatkan di dalam rumah sebagai hewan peliharaan. Spesies ini dilindungi oleh Australian Crimson Wing Parrot yang telah menghasilkan hybred sehingga perkembangbiakan menjadi lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...