Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 15 Januari 2012

Mambruk Ubiaat


Mambruk Ubiaat dalam nama ilmiahnya Goura cristata, juga dikenal dengan nama Mambruk BaratMambruk Biasa atau Mambruk Mahkota BiruGoura cristata, adalah salah satu spesies burung Mambruk atau Dara Mahkota yang merupakan kerabat merpati.Burung berwarna biru keabu-abuan ini berukuran cukup besar dengan ciri khas mahkota seperti renda di atas kepalanya serta bulu gelap di sekitar matanya. Baik jantan maupun betina memiliki ukuran dan bentuk yang sama, akan tetapi jantan biasanya berukuran lebih besar. Ukuran rata-ratanya adalah panjang 70 cm (28 inci) dan berat 2.100 grams (4,6 lbs).

Burung ini berkerabat dekat dengan Mambruk Victoria dan Mambruk Selatan, semuanya adalah jenis yang terbesar sekaligus yang tercantik dalam keluarga merpati (Columbidae). Mambruk Ubiaat adalah hewan endemik Papua Indonesia, karena hanya ditemukan di hutan hujan dataran rendah di bagian barat Pulau Papua di wilayah Indonesia; jenis lain Mambruk menghuni bagian lain dari pulau ini. Makanan utama burung ini adalah buah dan biji-bijian.
Penduduk asli Papua memburu burung ini diburu untuk dimakan dan mendapatkan bulunya yang indah dan berwarna biru. Akibat kehilangan habitat, sebarannya yang terbatas dan perburuan, Mambruk Ubiaat dikategorikan sebagai spesies rentan dalam Daftar Merah IUCN untuk spesies terancam. Hewan ini didaftarkan dalam apendiks II CITES.

1 komentar:

  1. yang digambar itu bukan mambruk ubiat, tp mambruk selatan. ciri2nya dadanya berwarna merah dan mahkotanya berwarna biru polos tanpa ada variasi warna putih di ujungnya seperti mambruk victoria

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...