Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Jumat, 20 Januari 2012

Grouse


Grouse adalah sekelompok burung dari orde Galliformes. Mereka seringkali dipertimbangkan masuk ke dalam famili Tetraaonidae, meski persatuaan ahli burung Amerika menetapkan Grouse ke dalm famili Phasianidae subfamili Tetraoninae. Grouse menghidupi daerah beriklim sedangdan subarktik di belahan bumi utara, dari hutan pinus hingga moorland dan sisi pegunungan . 

Grouse berpenampilan seperti kebanyakan burung Galliformes lainnya seperti ayam. Ukuran mereka bervariasi, dari yang berukuran 31 cm dan bermassa 0,3 kg hingga sebesar 95 cm dengan massa 6,5 kg. Ukuran grouse jantan lebih besar dari pada betinanya, dan dapat berukuran dua kalinya seperti Capercaillie, spesies terbesar di famili ini. Kaki mereka ditutupi bulu hingga jari kaki, dan pada musim dingin bulu halus tumbuh hingga sisi jari kaki untuk memudahkan mereka berjalan di atas salju. Tidak seperti ayam, mereka tidak memiliki jari kaki yang menonjol di belakang kaki.


Burung ini umumnya bersifat herbivora, mereka memakan tunas, daun, ranting, dan lain sebagainya. Terhitung dari 95 persen massa makanannya adalah dari tumbuhan. Namun makanan mereka bervariasi setiap musimnya.
Grouse muda yang baru menetas diberi makan serangga dan invertebrata, dan secara bertahap berkurang hingga menuju menu makanan grouse dewasa. Beberapa spesies yang hidup di hutan memakan daun jarum konifer, yang tidak disukai sebagian besar vertebrata. Untuk mencerna makanan, grouse memiliki tembolok yang besar dan memiliki usus yang panjang dilengkapi dengan sekum yang berisi bakteri simbiotik pencerna selulosa.
Spesies grouse yang tinggal di hutan hanya berkumpul pada musim gugur dan musim dingin. Spesies padang rumput lebih sosial, dan spesies tundra adalah yang paling sosial, mereka membentuk kawanan hingga 100 ekor di musim dingin. Seluruh grouse menghabiskan seluruh hidup mereka di tanah, meski ketika terdapat tanda bahaya mereka lepas landas dan menjauh dengan cepat.
Kebanyakan spesies berdiam di area berkembang biak mereka sepanjang tahun dan mengambil hanya sedikit perpindahan musiman. Beberapa spesies individual seperti Ptarmigan dan Willow Grouse bermigrasi sejauh ratusan kilometer jauhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...