Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 30 Januari 2012

Baza Hitam Aviceda leuphotes



Berukuran kecil 32 cm, mudah dikenali, berwarna hitam dan putih. Jambul hitam panjang dan sering terangkat naik. Sebagian besar bulu hitam, dengan garis lebar putih di pada dada, sayap berbercak putih, dan perut bergaris pita gelap. Pada waktu terbang, sayap yang pendek membulat berpola garis-garis hitam dan bulu sekunder abu-abu (kontras dengan bulu primer yang pucat berujung hitam).Kepakan sayap seperti gagak, saat meluncur sayap terlihat datar.Iris coklat gelap, paruh berwarna tanduk dengan sera abu-abu, kaki abu-abu gelap.



Tersebar mulai dari Himalaya, India Selatan, Cina Selatan, Asia Tenggara. Pada musim dingin bermigrasi ke kawasan Sunda Besar.Sumatera, Riau dan Kepulauan Lingga. Tercatat di Caringin, Sukabumi pada 17 November 1980 dan Maret 1978


Menghuni seluruh kawasan hutan hujan mulai dari bagian bawah hingga mencapai ketinggian 1800 m dpl. Namun demikian, lebih banyak ditemukan mulai dari ketinggian 200-1800 m dpl. Selain hutan hujan, jenis ini juga ditemukan di kawasan hutan industri dengan tipe vegetasi hutan pinus.

erbiak pada bulan Februari-Mei untuk wilayah Asia tenggara termasuk Indonesia. Di hongkong tercatat pada bulan Juli anakan sudah keluar dari sarang. Membangun sarang pada pohon dengan ketinggian sekitar 18-21 meter dari lantai hutan. Jumlah Telur: Telur yang dihasilkan 2-3 butir telur dengan warna putih keabuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...